PROFIL PUSKESMAS TAHUN 2018

REV-05_Pedoman_P2_COVID-19_13_Juli_2020_1

Profil Puskesmas Lampupok

Puskesmas adalah salah satu unit pelaksanaan fungsional yang berfungsi sebagai pusat pembangunan kesehatan serta pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama yang menyelenggarakan kegiatan secara menyeluruh, terpadu yang berkesinambungan pada suatu masyarakat yang bertempat tinggal dalam wilayah tertentu ( DR.Azrul Azwar 1996). Salah satunya adalah Puskesmas  sebagai  organisasi atau lembaga milik Pemerintah  berperan  sebagai  ujung tombak terdepan dalam  melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan.

Tugas puskesmas yaitu diantaranya merangsang masyarakat termasuk swasta untuk memberikan kegiatan dalam rangka menolong dirinya sendiri, memberikan petunjuk kepada masyarakat tentang bagaimana menggali dan menggunakan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien, memberi bantuan teknis materi dan rujukan medis maupun rujukan kesehatan dengan ketentuan bantuan tersebut tidak menimbang ketergantungan, memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, melakukan kerja sama dengan sektor-sektor yang bersangkutan dalam melaksanakan program puskesmas.

Prinsip penyelenggaraan upaya kesehatan yang menyeluruh, terpadu, terjangkau dan bermutu merupakan prinsip yang seharusnya diterapkan dipuskesmas sehingga kinerja puskesmas lebih optimal. Sesuai dengan amanat undang-undang tentang sistem kesehatan nasional dan dalam rangka meningkatkan peran pelayanan kesehatan primer sebagai gate keeper, kementerian kesehatan mengembangkan upaya pelayanan kesehatan berbasis dokter keluarga sebagai alternatif pilihan pelayanan kesehatan primer untuk masyarakat.

Puskesmas lampupok terletak diwilayah Utara Kabupaten Aceh Besar dengan jarak ±25 km dari pusat kota Jantho. Puskesmas Lampupok terletak di Jalan Reukih-Desa Lampupok, kecamatan indrapuri dan hal ini akan menyulitkan masyarakat  dalam mengakses puskesmas lampupok, karena tidak adanya angkutan umum yang berlintas.Kecamatan Indrapuri sendiri terdiri dari 52 desa, dan mempunyai 2 (dua) puskesmas, yaitu Puskesmas Lampupok (wilayah kerja: 16 desa) dan Puskesmas Indrapuri (wilayah kerja: 36 desa).

Luas Wilayah kerja Puskesmas Lampupok adalah 42 km¬2 dengan batas-batas adminsistrasi sebagai berikut :

  • Sebelah Timur : Berbatas dengan Puskesmas Indrapuri
  • Sebelah Selatan : Berbatas dengan Puskesmas Kuta Malaka
  • Sebelah Barat : Berbatasan dengan Puskesmas Suka Makmur
  • Sebelah Utara : Berbatasan dengan Puskesmas Piyeung.

Visi dan Misi Organisasi

Visi adalah serangkaian kata yang menunjukkan impian, cita-cita atau nilai inti sebuah organisasi atau instansi pemerintahan. Adapun visi dari Puskesmas Lampupok adalah “menjadi fasilitas kesehatan tingkat pertama yang bermutu dan mewujudkan masyarakat sehat”.

            Misi adalah suatu pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh suatu organisasi dalam usaha mewujudkan visi tersebut. Misi organisasi diartikan sebagaitujuan dan alasan mengapa organisasi itu dibuat dan berperan memberi batasan dalam proses pencapaian tujuan. Misi Puskesmas Lampupok adalah sebagai berikut :

  1. Mewujudkan pelayanan kesehatan masyarakat yang bermutu atau manusiawi, adil dan merata.
  2. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bermutu baik persorangan, keluarga dan masyarakat.
  3. Menggalang kemitraan dengan masyarakat lintas sektor terkait masalah kesehatan.

Motto organisasi dari Puskesmas Lampupok :

“Kesehatan anda adalah kebahagiaan kami”.

Nilai organisasi dari Puskesmas Lampupok :

  1. Cepat   : Bekerjadanmelayanidengansigapdansegera
  2. Efisien  : Bekerjadanmelayanidenganproduktifdantepat
  3. Ramah : Bekerjadanmelayanidengansenyum, salam, sapa, sopan      dan santun
  4. Ikhlas   : Bekerjadanmelayanidengansepenuhhati
  5. Akuntabel : Bekerja dan melayani dapat dipertanggungjawabkan

Tugas dan Fungsi Organisasi

            Berdasarkan Permenkes RI No. 75 Tahun 2014 Pasal 4, puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat. Dalam melaksanakan tugas tersebut, puskesmas menyelenggarakan 2 fungsi utama, yaitu melaksanakan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) tingkat pertama di wilayah kerjanya. Selain fungsi utama tersebut, puskesmas dapat pula berfungsi sebagai wahana pendidikan tenaga kesehatan yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Editor : PUSKESMAS LAMPUPOK

Related Posts