Profil Puskesmas Pulo Aceh

DESKRIPSI ORGANISASI

PROFIL_PKM_PULO_ACEH

Profil Puskesmas Pulo Aceh

Secara geografis Kecamatan Pulo Aceh terdiri dari wilayah dataran dan lautan. Dengan 2 gugusan pulau, yaitu Pulo Breuh dan Pulo Nasi. Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar yang berada di sebelah barat dengan jarak sekitar 100 km dari Ibukota Kabupaten Aceh Besar yang dihubungkan dengan lautan dan jalan raya dengan batas-batas wilayah sebagai berikut: Sebelah Utara berbatasan dengan Samudra Indonesia; Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Indonesia; Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Indonesia; Sebelah Barat berbatasan dengan Selat malaka.

Secara Administratif Wilayah Kerja Puskesmas Pulo Aceh Kecamatan Pulo Aceh terdiri dari 17 Desa, dengan luas 90,56 km2 (9.056 Ha). Dengan Desa terluas adalah desa Meulingge dengan luas wilayah 10,38 km² sedangkan desa yang paling kecil adalah desa Lhoh dengan luas 0,82 Km². Jumlah penduduk sebanyak 4.491 jiwa dengan jumlah laki-laki sebanyak 2.422 jiwa dan  perempuan 2069 jiwa. Kepadatan penduduk didasarkan kepada jumlah penduduk dan luas wilayah. Wilayah kerja Puskesmas Pulo Aceh  memiliki kepadatan penduduk 1,66  jiwa/km

  1. Visi dan Misi

Visi Puskesmas Pulo Aceh yaitu :

Terwujudnya Masyarakat sehat dan sejahtera yang bersyariat di Wilayah Kerja Puskesmas Pulo Aceh

Misi Puskesmas Pulo Aceh yaitu :

  1. Meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan.
  2. Melindungi kesehatan dengan menjamin tersedianya upaya kesehatan yang merata dan bermutu.
  3. Meningkatkan tata kelola Puskesmas

TATA NILAI “BERIMAN”

  • Bersih : Bebas KKN, Transparan dan Akuntabel
  • Efektif : Program kesehatan yang diselenggarakan mencapai hasil yang signifikan sesuai target dan bersifat efisien.
  • Responsif : Program kesehatan yang diselenggarakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, tanggap terhadap masalah kesehatan di masyarakat berdasarkan situasi, sosial, budaya dan kondisi geografis di wilayah kepulauan.
  • Inklusi :  Melibatkan semua pihak (lintas sektor, masyarakat, organisasi. profesi, organisasi masyarakat,
  • Merata :  Tidak membedakan dalam memberikan pelayanan
  • Akuntabel :  Memberikan pelayanan sesuai pedoman dan standar pelayanan yang ditetapkan, dapat di ukur dan di pertanggungjawabkan
  • Nyaman :  pengguna pelayanan merasa nyaman dan puas atas pelayanan yang diberikan

KOMITMEN “BATAS”

Bersama, Aktif, Tanggung jawab, Akuntabel, Sigap

  1. Tugas dan Fungsi Organisasi

Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan  masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan  upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah  kerjanya (Permenkes RI No 75, 2014).

Tujuan pembangunan kesehatan yang di selenggarakan puskesmas yang tertera pada  peraturan menteri kesehatan Republik Indonesia nomor 75 tahun 2014 Pasal 2 yang mana  tujuan tersebut

  • untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki perilaku sehat yang meliputi kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat;
  • untuk mewujudkan masyarakat yang mampu menjangkau pelayanan kesehatan bermutu;
  • untuk mewujudkan masyarakat yang hidup dalam lingkungan sehat;
  • untuk mewujudkan  masyarakat  yang  memiliki  derajat  kesehatan  yang optimal, baik individu, keluarga, kelompok dan masyarakat.

Upaya Kesehatan Masyarakat yang selanjutnya disingkat UKM adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan menanggulangi timbulnya masalah kesehatan dengan sasaran Keluarga, Kelompok dan Masyarakat.

Upaya Kesehatan Perseorangan yang selanjutnya disingkat UKP adalah suatu kegiatan dan atau serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk peningkatan, pencegahan, penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit dan memulihkan Kesehatan Perseorangan.

Prinsip penyelenggaraan puskesmas meliputi :

  1. Paradigma Sehat
  2. Pertanggungjawaban wilayah
  3. Kemandirian Masyarakat
  4. Pemerataan
  5. Teknologi tepat guna; dan
  6. Keterpaduan dan Kesinambungan

Tugas Puskesmas :

Melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya Kecamatan Sehat.

Fungsi Puskesmas:

Dalam melaksanakan tugas, Puskesmas menyelenggarakan Fungsinya:

  1. Penyelenggaraan UKM tingkat pertama di wilayah kerjanya
  2. Penyelenggaraan UKP tingkat pertama di wilayah kerjanya

Editor : PUSKESMAS PULO ACEH

Related Posts