Profil Puskesmas Lhoong

PUSKESMAS LHOONG MELAKUKAN GIAT BERSAMA BAKTI SOSIAL SUNATAN MASSAL DENGAN IDI DAN NUSANTARA SEHAT INDIVIDUAL 
SALAM SEHAT....

NARASI_TAHUN_2018

BAB I

PENDAHULUAN

 

  • Latar Belakang
  1. Pengertian Puskesmas

             Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) adalah unit pelaksana teknis dinas kesehatan kabupaten/ kota yang bertanggung jawab menyelenggara pengembangan kesehatan di suatu wilayah kerja (Departemen kesehatan RI , 2014)

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah kesatuan organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, merata dapat di terima dan terjangkau oleh masyarakat dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat di pikul oleh pemeritah dan masyarakat luas guna mencapai derajat kesehatan yang optimal, tanpa mengabaikan mutu pelayanan pada perorangan. (Departemen kesehatan 2009).

            Pelayanan kesehatan masyarakat dewasa ini berkembang dengan pesat baik di perdesaan maupun perkotaan,hal ini dapat terselengara karena adanya bantuan sarana kesehatan dari pemerintah.Pembangunan mencakup penyediaan obat – obatan,peralatan kesehatan,tenaga medis,sarana transportasi,dan sejumlah peralatan penunjang lainya.salah satu tujuan pemerintah memberikan prioritas dalam pembangunan pedesaan adalah karena penduduk indonesia sebagian besar tinggal di pedesaan yang mempunyai tingkat pendidikan dan keadaan sosial ekonominya yang masih rendah.

            Untuk mewujudkan tujuan tersebut maka pembangunan pelayanan kesehatan dilakukan dengan memprioritaskan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pedesaan. Oleh sebabitu pemerintah mengambil kebijakan dengan mendirikan Puskesmas,Puskesmas Pembantu,puskesmas keliling  dan Posyandu-Posyandu guna melayani masyarakat di tempat terpencil sekalipun.

            Dengan adanya pembangunan Puskesmas,Pustu dan Polindes tersebut merupakan usaha yang paling efisien dan efektif,namun dalam pelaksanaannya masih banyak mengalami hambatan-hambatan baik dari petugas maupun dari masyarakat,hambatan tersebut dapat berupa aspek sosial,ekonomi dan latar belakang kebudayaan sehingga petugas sering mengalami hambatan.Misalnya masyarakat masih banyak menganut paham tradisional yaitu mempunyai pandangan yang menyimpang dengan para petugas,sehingga hal ini akan menjadi jurang pemisah antara petugas dengan masyarakat sehingga pesan maupun pelayanan kesehatan tidak sampai kepada masyarakat itu sendiri.

Pada dasarnya kesehatan masyarakat menyangkut semua segi kehidupan  dalam ruang lingkup dan jangkauan yang sangat luas. Upaya kesehatan ini ditujukan untuk seluruh masyarakat dengan semua jenis dan golongan umur sejak pembuahan dalam kandungan sampai tutup usia dengan mengikut sertakan  masyarakat yang mencakup pelayanan kuratif,preventif,promotif dan rehabilitatif.

 

  1. Fungsi Puskesmas

Adapun fungsi Puskesmas adalah :

  • Sebagai pusat pengembangan kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya.
  • Membina peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk hidup sehat.
  • Memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya.

 

Proses pelaksanaan fungsi puskesmas dilakukan dengan cara :

  • Merangsang masyarakat termasuk swasta untuk melaksanakan kegiatan dalam rangka menjaga dirinya sendiri.
  • Memberikan petunjuk kepada masyarakat tentang bagaimana menggali dan menggunakan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien.
  • Memberi bantuan yang bersifat bimbingam teknis materi dan rujukan medis maupun rujukan kesehatan kepada masyarakat dengan ketentuan bantuan tersebut tidak menimbulkan ketergantungan.
  • Memberikan pelayanan kesehatan langsung kepada masyarakat.
  • Bekerja sama dengan sektor-sektor yang terkait dalm melaksanakan program Puskesmas.

 

Dalam Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri ( Permendagri ) No.12 tahun 2007 dan Keputusan Menteri Kesehatan tahun 2008 tentang kewajiban menyediakan buku dokumen Profil bagi setiap pelayanan publik,ditekenkan bahwa seluruh SKPD wajib membuat laporan dalam bentuk profil pada akhir tahun untuk menyajikan pencapaian kinerja bidang masing masing program pelayanan masyarakat.

Profil kesehatan adalah salah satu bentuk laporan tahunan ( annual report ) yang menyajikan data-data pencapaian indikator kinerja kesehatan pada tahun anggaran 2018.

Data-data dalam profil kesehatan menjadi parameter atas penyelenggaraan urusan wajib pemerintah daerah di bidang kesehatan. Sejak tahun 2008,profil kesehatan tidak hanya menjadi laporan wajib sebuah instansi semata akan tetapi setiap Puskesmas dan Rumah Sakit yang berada di wilayah kerjanya wajib membuat profil. Ketersediaan buku profil menjadi salah satu unsur indikator penilaian kinerja setiap unit pelayanan kesehatan.

penyusunan  profil ini adalah untuk memberikan gambaran perkembangan kesehatan yang menyeluruh di Wilayah Kerja Puskesmas Ie Alang Kabupaten Aceh Besar Tahun 2018.

Profil ini mengunakan data yang dikumpulkan dari hasil laporan rutin setiap kegiatan yang ada di Puskesmas dan Bidan Desa sejak Januari s/d Desember 2018,selain itu juga ada data dari BPS Aceh Besar,kepala Desa,kader desa dan kantor BPJS yang menyangkut data umum.

 

  • Maksud dan Tujuan

Tujuan umum pembuatan profil ini adalah sebagai laporan evaluasi terhadap         pencapaian indikator kinerja Puskesmas Ie Alang untuk tahun anggaran 2018.

sedangkan tujuan khusus adalah :

1.2.1. Sebagai urusan wajib penyelenggaraan pelayanan publik

1.2.2. Sebagai bahan informasi kepada pihak atasan dalam hal ini Dinas Kesehatan     Kabupaten Aceh Besar agar dapat membuat keputusan /rencana untuk Puskesmas Ie Alang pada tahun yang akan datang.

1.2.3. Menyajikan pencapaian target lintas program Puskesmas Ie Alang tahun anggaran 2018.

1.2.4. menyajikan hasil evaluasi kinerja pembangunan kesehatan kemukiman Ie Alang tahun anggaran 2018.

 

 

 

 

1.3  Ruang Lingkup

Data data yang disajikan dalam profil ini mencakup beberapa hal,antara lain :

1.3.1. Perkembangan wilayah,demografis dan sosial ekonomi.

1.3.2. Perkembangan derajat kesehatan masyarakat,meliputi angka kematian,angka kesakitan dan status gizi.

1.3.3. Cakupan upaya kesehatan yang terdiri dari pelayanan kesehatan,PHBS dan Kondisi lingkungan.

1.3.4. Perkembangan sumber daya kesehatan mencakup distribusi SDM,sarana dan prasarana.

1.3.5. Alokasi pembiayaan kesehatan

 

BAB II

GAMBARAN UMUM

 

2.1.  Gambaran Geografis

Puskesmas Ie Alang merupakan salah satu Puskesmas yang berada di kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar. Batas-batas wilayah kerja Puskesmas Ie Alang adalah sebagai berikut :

 

Sebelah timur berbatasan dengan sawah dan desa ie alang lam ghui

Sebelah barat berbatasan dengan sawah dan perkebunan

Sebelah selatan berbatasan dengan sawah dan desa ie alang mesjid

Sebelah utara berbatasan dengan sawah dan perkebunan

 

Luas wilayah puskesmas ie alang  mencakup 15,2 m2 yang dibagi atas 6 desa, yaitu : Ie Alang lamkeureumeuh,Ie Alang mesjid,Ie Alang Dayah, Ie Alang lamghui,Maheng, dan leupung bruek. Puskesmas ie alang merupakan puskesmas pemekaran dari puskesmas Cot Glie dan di wilayah kecamatan cot glie.

Pada tahun 1999 masyarakat Ie Alang mendapat bantuan dari NGO TAIWAN untuk pembangunan KLINIK PMI di Mukim Ie Alang yang Operasionalnya di bawah pengawasan Puskesmas Kuta Cot Glie.Pada tahun 2012 terjadi Pemekaran Puskesmas,dengan terjadinya pemekaran ini maka Klinik PMI berubah nama menjadi Puskesmas Ie Alang sehingga di Kecamatan Kuta Cot Glie mempunyai 2 buah Puskesmas yaitu Puskesmas Kuta Cot Glie dan Puskesmas Ie Alang .

Puskesmas Ie Alang merupakan Puskesmas Non Perawatan yang memiliki 2 Unit bangunan induk , 3 unit rumah dinas paramedis dan 1 unit rumah medis.

 

2.1. Perkembangan Kependudukan

 

            Pertumbuhan penduduk di wilayah kerja Puskesmas  Ie Alang pada Tahun 2018 mencapai 2.562 jiwa. jumlah laki-laki sebanyak 1.245 jiwa dan jumlah perempuan 1317 jiwa.Sedangkan rata-rata jumlah anggota rumah tangga sebanyak 622 sudah mencapai kondisi ideal kepadatan rumah tangga.

 

 

Editor : PUSKESMAS LHOONG

Related Posts