Peringati HKN ke-57, Dinkes Aceh Besar Gelar Aneka Kegiatan

Kadis Kesehatan ABes Bersama Para Undangan Melepas Balon HKN ke 57 diPantai Ujung Bate. (13/11).
Kadis Kesehatan ABes Bersama Para Undangan Melepas Balon HKN ke 57 diPantai Ujung Bate. (13/11).

Kota Jantho| Para tenaga kesehatan se-Aceh Besar memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 Tahun 2021 dengan menggelar aneka kegiatan.

Acara yang digagas oleh Dinas Kesehatan Aceh Besar ini dilakukan dalam tiga tahapan, pertama bakti sosial pelayanan kesehatan di Pulo Aceh pada 8-10 November 2021.

“Alhamdulillah sudah terlaksana dengan baik dan lancar. Selain pemberian pelayanan kesehatan dasar dan dokter spesialis, kami juga membagikan beberapa paket makanan, susu balita, susu ibu menyusui, susu ibu hamil, dan lansia, serta perlengkapan sanitasi kebersihan dan gosok gigi buat anak sekolah,” ujar Kadis Kesehatan Aceh Besar, Anita, Sabtu, 13 November 2021.

Selanjutnya, pihaknya juga melakukan pengabdian masyarakat bersama Puskesmas, organisasi profesi, dan para kader kesehatan se-Aceh Besar di Kecamatan Mesjid Raya, Sabtu, 13 November 2021.

Anita, SKM, M.Kes Selaku Kepala Dinas Kesehatan Memberikan Sambutan Pada Kegiatan HKN ke 57 di Pantai Ujung Batee Mesjid Raya.

Di sana mereka melaksanakan sejumlah kegiatan, seperti pengobatan massal oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh Besar, sosialisasi sikat gigi bagi siswa oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) setempat dan sunatan massal oleh Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Aceh Besar.

Selain itu, mereka juga melakukan penyuluhan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) oleh Persatuan Perawat nasional Indonesia (PPNI) Aceh Besar, gotong royong membersihkan masjid, memberikan sembako bagi ibu hamil kurang mampu, santunan anak yatim, dan sejumlah perlombaan untuk siswa dan wali kelas yang dipusatkan di SDN Neuheun.

Terakhir, pihaknya akan melaksanakan upacara peringatan HKN di Halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin, 15 November 2021.

“Dalam agenda peringatan HKN nanti, juga akan diselenggarakan pemberian penghargaan kepada tim vaksinasi terbaik dan pejuang Covid-19, serta membuka layanan kesehatan lainnya. Pihak RSUD Aceh Besar juga akan mengadakan seminar ilmiah terkait dengan permasalahan kesehatan secara online,” ucap Anita.

Ia berharap, dengan diselenggarakan sejumlah rangkaian kegiatan tersebut dapat meningkatkan semangat Nakes dan upaya pelayanan kesehatan lebih baik bagi seleuruh masyarakat Aceh Besar.

Asisten I Pemkab Aceh Besar, Abdullah, mengapresiasi terhadap program kegiatan yang digagas Dinkes bersama sejumlah organisasi lainnya.

memberikan Sumbangan Kepada anak yatim di Kecamatan Mesjid Raya turut didampingi oleh para tamu undangan.

Ia menilai HKN merupakan hari istimewa bagi semua insan yang berkecimpung di dalam pelayanan kesehatan.

“Lima puluh tujuh tahun bukan lah usia yang singkat. Banyak pencapaian pembangunan kesehatan yang sudah diraih, namun saat ini dan ke depannya masih banyak kendala dan tantangan yang perlu kita hadapi bersama,” ucapnya.

“Berkolaborasi secara profesional yang dilandasi moral tetap harus kita kedepankan, terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19, seperti yang kita alami saat ini,” ujarnya menambahkan.

Meskipun kasus Covid-19 di Aceh Besar saat ini turut, Abdullah berharap kepada masyarakat untuk selalu tetap menerapkan protokol kesehatan (Proke) secara benar.

“Dibutuhkan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan Prokes di setiap kegiatan, dan meningkatkan kapasitas 3T (testing, tracing dan treatment), serta pelaksanaan vaksinasi Covid-19,” katanya.

“Semoga peringatan HKN ke-57 ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor di masyarakat, sehingga Indonesia bisa kembali sehat dan kembali tumbuh,” pungkasnya. (*)

Sumber : theacehpost.com

Editor : Irvan Bakri TM

Related Posts