Pastikan Angka Stunting Sesuai Data, Kadis Kesehatan Aceh Besar Turun ke Gampong Teu Dayah

Anita, SKM., M.Kes Selaku KaDis Kesehatan Aceh Besar memberika sosialisasi pencegahan stunting.
Anita, SKM., M.Kes Selaku KaDis Kesehatan Aceh Besar memberika sosialisasi pencegahan stunting.

Jantho - Dinas Kesehatan Aceh Besar menjadwalkan kegiatan rembuk stunting di Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar, pekan depan. Berbagai persiapan terus dimatangkan termasuk mengumpulkan data stunting secara langsung ke lapangan.

Kadis Kesehatan Aceh Besar, Anita, SKM, M.Kes bersama Ketua TP PKK Aceh Besar, Rahmah Abdullah, SH, Selasa, 2 Maret 2021 turun ke Gampong Teu Dayah, Kecamatan Kuta Malaka untuk sinkronisasi data dan fakta angka stunting (kondisi gagal tumbuh anak) di desa tersebut.

“Kehadiran kami di Gampong Teu Dayah untuk memastikan data dengan fakta mengenai angka stunting di desa ini, karena Gampong Teu Dayah, Kecamatan Kuta Malaka berada di peringkat kedua angka stunting di Aceh Besar,” kata Anita

Anita memastikan pelayanan kesehatan di Gampong Teu Dayah berjalan baik apalagi gampong ini sangat mudah diakses.

Anita yang akrab disapa Ayeuk menjelaskan penurunan angka stunting menjadi salah satu program pemerintah untuk menjadikan Aceh Besar bebas stunting.

“Bersama stakeholder terkait, kami melihat langsung kondisi anak-anak di Gampong Teu Dayah, apakah data stunting sesuai dengan fakta di lapangan,” kata Bu Kadis yang akrab disapa Ayeuk ini.

Kadis Kesehatan Aceh Besar, Anita, SKM, M.Kes disaksikan Ketua TP PKK Aceh Besar, Rahmah Abdullah, SH mengukur berat dan tinggi badan seorang anak Gampong Teu Dayah, Kecamatan Kuta Malaka ketika melakukan sosialisasi penurunan angka stunting di desa tersebut, Selasa, 2 Maret 2021.

Target untuk membebaskan stunting, menurut Anita harus melibatkan semua unsur. Keuchik wajib mengetahui warganya yang memiliki anak stunting.

“Pemkab Aceh Besar sedang berupaya keras menurunkan angka stunting. Keuchik dapat memanfaatkan dana desa untuk penurunan stunting di gampong,” ujar Anita.

Anita mengingatkan orangtua lebih cerdas melakukan inovasi makanan atau jajanan sehingga anak-anak tidak mengonsumsi makanan di luar rumah.

Dalam kunjungan ke Gampong Teu Dayah, Kadis Kesehatan Aceh Besar selain melakukan sosialisasi peran orangtua dalam mencegah stunting pada anak juga melakukan penimbangan dan pengukuran anak disaksikan Ketua TP PKK Aceh Besar, Muspika Kuta Malaka, dan stakeholder terkait.

Keuchik Teu Dayah, Safrul Hani mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ketua TP PKK bersama Kadis Kesehatan Aceh Besar ke desa mereka.

“Ini menjadi motivasi bagi masyarakat kami untuk mendukung program pemerintah meningkatkan layanan kesehatan termasuk menurunkan angka stunting. Kami juga berharap agar Kadis Kesehatan dapat mendefinitifkan bidan desa di Gampong Teu Dayah,” kata Keuchik Safrul.

Editor : Irvan Bakri TM

Related Posts