Dinkes Aceh Besar Target 80 Persen Nakes Sudah di Vaksin Covid 19

Anita, SKM, M.Kes Selaku Kepala Dinas Penerima Vaksin Pertama Bagi Penyitas COVID 19 di Aceh Besar.
Anita, SKM, M.Kes Selaku Kepala Dinas Penerima Vaksin Pertama Bagi Penyitas COVID 19 di Aceh Besar.

Jantho – Dinas Kesehatan Aceh Besar menargetkan 80 persen dari jumlah 2.548 tenaga kesehatan sudah disuntik vaksin covid 19 dalam dua hari kedepan.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, Anita, SKM., M. Kes mengatakan Aceh Besar telah menerima vaksin Covid 19 sejak Januari awal tahun 2021 dan langsung dilakukan penyuntikan terutama kepada Nakes secara serentak pada Puskesmas di Aceh Besar.

Untuk tahap pertama, kata Anita, pihaknya telah melakukan vaksinasi bagi pejabat serta nakes di sejumlah fasilitas kesehatan. Namun, sebelum penyuntikan vaksin berlangsung, para nakes ini terlebih dulu mengikuti screaning awal terhadap riwayat penyakit.

Hingga saat ini, Persentase nakes penerima vaksin sudah mencapai lebih dari 60 persen jumlah target nakes di Aceh Besar yang harus mendapat vaksin sebanyak 2.548 nakes.

“Sampai hari Kamis, baru 60 persen nakes yang menerima vaksinasi. Ada 1.021 nakes yang belum menerima suntikan vaksin. Kita berusaha kejar jumlah tersebut dalam dua hari,” jelas Anita saat menyaksikan Sejumlah tenaga kesehatan (nakes) serta pejabat utama di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar, Aceh menjalani suntik vaksin Covid 19, di Puskesmas Darul Imarah, Kamis 11 Februari 2021.

shany
Anita, SKM, M.Kes dan Iskandar Shany Penerima Vaksin Pertama bagi Penyitas COVID 19 

Dari jumlah tersebut, sisanya sekitar 20 persen bisa dikatakan sebagai penyintas Covid, hamil, menyusui serta memiliki penyakit penyerta.

Anita menjelaskan vaksinasi Covid bagi nakes di Aceh Besar akan terus dilaksanakan hingga ke Pulau Aceh. Kegiatan ini dilakukan sebelum proses vaksinasi bagi masyarakat umum dilakukan.

Dalam kesempatan itu, Anita juga mengingatkan masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan, sehingga dapat menekan dan memutus mata rantai penyebaran virus mematikan itu.

“Kita berharap masyarakat terus memakai masker, jaga jarak dan menghindari dari kerumunan. Jangan anggab enteng, virus ini masih berkeliaran,” harap manatn Kadis Perpus dan Arsip Aceh Besar ini.

Editor : Irvan Bakri TM

Related Posts