Didukung Dana Desa, Posbindu Berkah Gampong Weubada Adakan Screening PTM Inovatif

Foto Bersama Para Kader Kesehatan, Keuchik dan Petugas Kesehatan Puskesmas Montasik
Foto Bersama Para Kader Kesehatan, Keuchik dan Petugas Kesehatan Puskesmas Montasik

Senin (8/3) tepatnya di depan Aula Serbaguna Gampong Weubada Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar diadakan Screening oleh Posbindu Berkah Gampong setempat. Kegiatan ini bertujuan melakukan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) meliputi merokok, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi,  hiperkolesterol serta menindaklanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas kesehatan.

Dalam pelaksanaan kegiatan Screening PTM kali ini  dilaksanakan dengan strategi inovatif dimana pelaksanaan dilakukan sekaligus dengan kegiatan posbindu rutin. Hal ini  supaya masyarakat yang belum pernah ke posbindu untuk termotivasi hadir dan bisa berpartisipasi. 

Langkah inovasi lainnya adalah dengan memberikan penghargaan bagi peserta Posbindu yang bisa mengontrol penyakitnya untuk katagori hipertensi dan diabetes melitus juga diadakan kuis terkait edukasi tentang kesehatan dan isu-isu PTM lainnya dengan hadiah hadiah doorprize yang sangat menarik.

Petugas Kesehatan Puskesmas Montasik sedang memberikan Sosialisasi sebelum screning di mulai

Turut hadir Camat Montasik, Ketua  PKK Kecamatan dan tim dan Kepala Puskesmas Montasik beserta tim. 

Adapun tema dalam acara  screening PTM tersebut yaitu "Kendalikan tekanan darah dan kadar gulamu dengan CERDIK".

"Pelayanan Kesehatan di Posbindu Berkah pernah mendapat juara Nasional katagori inovasi, dimana posbindu ini lebih mengutamakan promotif dan preventif dengan memanfaatkan posbindu dan pos usila yang ada di desa untuk mencegah dan mendeteksi secara dini PTM" imbuh Kepala Puskesmas Montasik, Yulidar Zakaria SGz. 

Sesi Penyuluhan kesehatan lainnya juga disampaikan dr Muhammad Abrar Azhar tentang PTM. Di setiap kegiatan selalu ada integrasi dengan pelayanan kesehatan tradisional. Dimana disediakan minuman herbal juice telang dan puding aneka buah sebagai pemberian makanan tambahan untuk setiap peserta posbindu. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama semua pihak dengan mengikuti protokol kesehatan.

Pada kesempatan itu, Keuchik Gampong Weubada mengucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah menyukseskan acara screening PTM Posbindu berkah desa Weubada dan senantiasa memohon arahan lebih dari para pihak untuk terus berbenah ke arah yang lebih baik. (mursyidan/rel)

Editor : Irvan Bakri TM

Related Posts