Ambulans Laut Pulo Aceh Beroperasi

Ir. Mawardi Ali, Peusijuk Ambulans Laut Pulo Aceh, di Dermaga Uleee Lheue, Jumat (29/10/2021)
Ir. Mawardi Ali, Peusijuk Ambulans Laut Pulo Aceh, di Dermaga Uleee Lheue, Jumat (29/10/2021)

KOTA JANTHO - Ambulans Laut milik Pemkab Aceh Besar yang akan melayani Pulo Aceh resmi beroperasi. Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, meresmikan operasional Ambulans Laut dengan melakukan tepung tawar boat tersebut di Dermaga Ulee Lheue, Jumat (29/10/2021).

Hadir pada kesempatan itu, Sekdakab Aceh Besar, Drs Sulaimi MSi, Asisten I Setdakab Aceh Besar Abdullah SSos, Asisten II Setdakab Aceh Besar, M Ali SSos MSi, Kadiskes Aceh Besar, Anita SKM MKes, Camat Pulo Aceh, Mawardi, Kabag Prokopim Setdakab Aceh Besar, Muhajir SSTP MPA, dan pejabat terkait lainnya.

Mawardi Ali menyatakan, rasa syukurnya, karena keinginan yang sudah sangat lama dari masyarakat Kecamatan Pulo Aceh untuk memiliki ambulans laut, kini terwujud. Diharapkan, dengan adanya ambulans laut tersebut dapat membantu masyarakat yang  membutuhkan rujukan bantuan medis. Untuk itu, ia meminta agar fasilitas publik ini dapat dijaga agar dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang.

"Alhamdulillah, harapan kita bersama, khususnya warga Pulo Aceh, kini dapat terealisasi. Saya harapkan, dengan hadirnya ambulans laut ini  pelayanan medis kepada masyarakat, khususnya di Pulo Aceh, dapat lebih ditingkatkan lagi," pintanya.

Sesuai rencana, ambulans laut yang baru itu akan ditempatkan di Ibukota Kecamatan Pulo Aceh, Lampuyang, dan bagi masyarakat membutuhkan rujukan medis dapat menghubungi petugas yang akan ditugaskan dalam memberikan pelayanan kepada warga Pulo Aceh.

Usai peusijuek (tepungtawar), Bupati IMawardi Ali bersama  Sekdakab Drs Sulaimi MSi, Kadiskes Aceh Besar Anita SKM MKes dan pejabat lainnya mengujicoba ambulans laut tersebut di sekitar perairan Ulee Lheu, Banda Aceh.

Rombongan Bupati Ir. Mawardi Ali bersama Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar melakukan uji coba KM Lamuri
Rombongan Bupati Ir. Mawardi Ali bersama Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar melakukan uji coba KM Lamuri

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali mengatakan, ambulans laut nanti akan siaga di Pulo Aceh. Boat itu akan melayani masyarakat di Pulau Nasi maupun Pulau Breuh.

Katanya, nanti ambulans laut ini akan memiliki call center. Sehingga setiap desa atau keuchik harus menyimpan dan mencatat call center ambulans laot. Jika ada yang sakit dan darurat, dan tidak bisa ditangani puskesmas setempat, maka orang sakit dapat segera dirujuk ke Banda Aceh.

Ia menegaskan, pelayanan ambulans laut gratis, tanpa ada pungutan biaya apapun. Ia berharap kehadiran boat yang memiliki dua kapasitas tempat tidur ini dapat memberi manfaat dan meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat Pulo Aceh.

Sumber : Serambi Indonesia

Editor : Irvan Bakri TM

Related Posts